HAKIKAT: PEMBELAJARAN
APRESIASI PROSA FIKSI
I. Pengertian
yang menyangkut peristilahan dan konsep
1). Pengertian Pembelajaran.
èIstilah ‘pembelajaran’
memiliki pengertian yang sama dengan konsep ‘belajar-mengajar’. Yaitu proses
yang melibatkan dua komponen utama dalam kegiatan belajar-mengajar, yakni
antara guru dan siswa.
èPenggunaan Istilah
‘pembelajaran’ terutama dimaksudkan untuk membedakan istilah ‘pengajaran’.
Perbedaan kedua istilah ini dapat dijelaskan melalui proses morfologis sebagai
berikut :
ajar ajar
mengajar belajar
pengajar pembelajar
pengajaran pembelajaran
èBerdasarkan proses
morfologis di atas, tampak jelas bahwa perbedaan mendasar antara ‘pengajaran’
dan ‘pembelajaran’ baik sebagai istilah maupun konsep terletak pada penekanan
aktivitas guru dan siswa dalam proses belajar mengajar.
è‘Pengajaran’ lebih
bertumpu pada aktivitas guru sebagai pengajar, sedangkan “pembelajaran” lebih
menekankan pentingnya aktivitas belajar bagi siswa selaku individu pembelajar.
è Jadi bisa disimpulkan, konsep dan istilah “pembelajaran” pada
hakikatnya merupakan suatu upaya yang disengaja dan direncanakan sedemikian
rupa oleh pihak guru sehingga memungkinkan terciptanya suasana dan aktivitas
belajar yang kondusif bagi para siswanya ç
Dalam konteks ini, baik guru maupun siswa harus sama-sama
berperan aktif menurut fungsinya masing-masing, yaitu sebagai pengajar dan
pembelajar.
2). Pengertian Apresiasi.
Istilah apresiasi berasal dari bahasa Latin apreciatio yang berarti
‘mengindahkan’ atau ‘menghargai’. Dalam konteks yang lebih luas, menurut Gove
mengandung makna ;
Selengkapnya Download FILE di sini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar