SELAMAT DATANG DI BLOG ARDI SETIA

Minggu, 08 September 2013

Telaah Kurikulum SLTA: Kurikulum 1984

ANALISIS KURIKULUM 1984
Disusun Untuk Memenuhi Tugas Kelompok
Mata Kuliah : Telaah Kurikulum SLTA
Dosen Pengampu : Drs. Suyoto, M.Pd.



 








Disusun oleh:
Kelompok 5

Ardi Setiyawan                         10410022
Puput Indah Dewi Agustina      10410003
Muhammad Khoirurriza  10410044

Kelas : 3A


PROGDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA DAN SENI
IKIP PGRI SEMARANG
2011

BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang
Kurikulum 1984 ini bukan lagi kurikulum yang disusun berdasarkan kemampuan dan kebutuhan belajar sisiwa, tetapi lebih banyak didorong oleh pelbagai kepentingan yang berada di luar lingkup pendidikan dasar (Nababan, 1993: 9). Pelbagai kepentingan telah masuk dan mempengaruhi muatan kurikulum sehingga kurikulum benar-benar melelahkan siswa. Akibatnya muncul reaksi psikis menolak. Siswa jadi acuh tak acuh terhadap pelajaran.
Pekerjaan rumah dikerjakan sambil lalu dan kesungguhan belajar menjadi mundur. Hal ini muncul sebagai reaksi psikis atas tekanan belajar dan berdisiplin yang di luar batas kewajaran bagi siswa yang berusia semuda itu.
Memikul tugas belajar dari demikian banyak buku dan ragam pelajaran dengan sendirinya menimbulkan reaksi jenuh (Surahmad, 1988: 57). Nilai bisa saja tinggi, tetapi fakta hasil belajar semakin rendah. Lebih-lebih ketika jenis tes objektif pilihan ganda merajalela, proses bernalar seolah-olah berhenti. Hendro memberikan ulasan yang keras sekali terhadap jenis tes objektif ini yang menurut beliau adalah bahwa jenis tes ini menipu semua pihak (Kraf, 1987: 55).
Selengkapnya FILE download di sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Printfriendly