SELAMAT DATANG DI BLOG ARDI SETIA

Senin, 06 Januari 2014

Seminar Bahasa: Pembelajaran Menulis Teks Berita Berbasis 5W+1H dengan Menggunakan Teknik 3-P



PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA BERBASIS 5W + 1H DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK 3-P PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 COMAL TAHUN AJARAN 2013/2014

Oleh: Ardi Setiyawan
NPM 10410022
ardi_setiawan89@yahoo.com
IKIP PGRI Semarang

SARI
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menjelaskan (1) langkah-langkah penggunaan teknik 3-P berbasis 5W+1H untuk meningkat keterampilan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Comal; (2) peningkatan keterampilan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Comal dengan penggunaan teknik 3-P berbasis 5W+1H; (3) respons siswa terhadap penggunaan teknik 3-P berbasis 5W+1H dalam menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Comal. Untuk mencapai tujuan tersebut peneliti menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia dan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Comal. Objek penelitian ini adalah objek yang mencerminkan produk dalam penelitian ini adalah keterampilan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Comal sedangkan objek yang mencerminkan proses dalam penelitian ini adalah aktivitas siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran menulis berita dengan penggunaan teknik 3-P berbasis 5W+1H. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode, (1) observasi, (2) wawancara, (3) angket, dan (4) tes. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif yang digunakan untuk menganalisis data keberhasilan belajar menulis berita siswa yang dan metode deskriptif kualitatif digunakan untuk  menganalisis aktivitas dan responss siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penggunaan teknik 3-P berbasis 5W + 1H dapat meningkatkan kemampuan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Comal. Hal ini terlihat dari adanya peningkatan hasil belajar siswa.
Kata kunci : pembelajaran, teknik 3-P berbasis 5W+1H, menulis berita

Selengkapnya unduh file di sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Printfriendly