ANALISIS
KURIKULUM 1984
Disusun
Untuk Memenuhi Tugas Kelompok
Mata
Kuliah : Telaah Kurikulum SLTA
Dosen
Pengampu : Drs. Suyoto, M.Pd.
Disusun oleh:
Kelompok 5
Ardi Setiyawan 10410022
Puput
Indah Dewi Agustina 10410003
Muhammad
Khoirurriza 10410044
Kelas : 3A
PROGDI PENDIDIKAN BAHASA DAN
SASTRA INDONESIA
FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA DAN
SENI
IKIP PGRI SEMARANG
2011
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Kurikulum
1984 ini bukan lagi kurikulum yang disusun berdasarkan kemampuan dan kebutuhan
belajar sisiwa, tetapi lebih banyak didorong oleh pelbagai kepentingan yang
berada di luar lingkup pendidikan dasar (Nababan, 1993: 9). Pelbagai
kepentingan telah masuk dan mempengaruhi muatan kurikulum sehingga kurikulum
benar-benar melelahkan siswa. Akibatnya muncul reaksi psikis menolak. Siswa
jadi acuh tak acuh terhadap pelajaran.
Pekerjaan
rumah dikerjakan sambil lalu dan kesungguhan belajar menjadi mundur. Hal ini
muncul sebagai reaksi psikis atas tekanan belajar dan berdisiplin yang di luar
batas kewajaran bagi siswa yang berusia semuda itu.
Memikul
tugas belajar dari demikian banyak buku dan ragam pelajaran dengan sendirinya
menimbulkan reaksi jenuh (Surahmad, 1988: 57). Nilai bisa saja tinggi, tetapi
fakta hasil belajar semakin rendah. Lebih-lebih ketika jenis tes objektif
pilihan ganda merajalela, proses bernalar seolah-olah berhenti. Hendro
memberikan ulasan yang keras sekali terhadap jenis tes objektif ini yang
menurut beliau adalah bahwa jenis tes ini menipu semua pihak (Kraf, 1987: 55).
Selengkapnya FILE download di sini.
Selengkapnya FILE download di sini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar