KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA MELALUI MODEL
PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING SISWA KELAS VIII SMP
NEGERI 1 DUKUHSETI TAHUN AJARAN 2014/2014
Oleh:
Dini Arum Sari
Abstrak
Penelitian
ini membahas permasalahan apakah ada pengaruh model pembelajaran problem
based learning dari pada model konvensional dalam pembelajaran menulis teks
berita siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Dukuhseti. Tujuannya untuk mengetahui efektif atau tidaknya
model pembelajaran problem based learning pada pembelajaran menulis teks
berita siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen
semu. Sampel penelitian berjumlah 77 orang siswa dengan rincian 38 orang siswa
kelas VIII.6 (kelas kontrol) mendapat pembelajaran menulis teks berita dengan
model konvensional, dan 39 orang siswa kelas VIII.7 (kelas eksperimen) mendapat
pembelajaran menulis teks berita dengan model pembelajaran problem based
learning. Hipotesis penelitian ini adalah adanya perbedaan kemampuan
menulis teks berita siswa antara siswa yang diajar menggunakan model
pembelajaran problem based learning dengan siswa yang diajar dengan
model konvensional. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes
menulis teks berita, sedangkan teknik analisis data adalah teknik dengan uji-t.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya perbedaan kemampuan menulis teks
berita siswa kelas eksperimen dengan siswa kelas kontrol. Nilai rata-rata kelas
eksperimen dan nilai rata-rata kelas kontrol dari pengujian uji-t yang
menunjukkan bahwa lebih besar dari pada “t” dengan db = 75 pada tabel taraf signifikan
5%, yaitu 4,05 lebih dari pada 1,99. Hal ini membuktikan adanya pengaruh model
pembelajarn problem based learning yang diterapkan daripada model
konvensional dalam kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Dukuheti.
kata kunci: Kemampuan, Menulis, Teks Berita,
Problem Based Learning.
Selengkapnya unduh file di sini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar