PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA BERBASIS 5W + 1H DENGAN
MENGGUNAKAN TEKNIK 3-P PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 COMAL TAHUN AJARAN
2013/2014
Oleh: Ardi Setiyawan
NPM 10410022
ardi_setiawan89@yahoo.com
IKIP PGRI Semarang
IKIP PGRI Semarang
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menjelaskan (1) langkah-langkah
penggunaan teknik 3-P berbasis 5W+1H untuk meningkat keterampilan menulis
berita siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Comal; (2) peningkatan keterampilan menulis
berita siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Comal dengan penggunaan teknik 3-P
berbasis 5W+1H; (3) respons siswa terhadap penggunaan teknik 3-P berbasis 5W+1H
dalam menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Comal. Untuk mencapai tujuan
tersebut peneliti menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian
ini adalah guru bahasa Indonesia dan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Comal. Objek
penelitian ini adalah objek yang mencerminkan produk dalam penelitian ini adalah
keterampilan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Comal sedangkan objek
yang mencerminkan proses dalam penelitian ini adalah aktivitas siswa dalam
mengikuti kegiatan pembelajaran menulis berita dengan penggunaan teknik 3-P berbasis
5W+1H. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode, (1) observasi,
(2) wawancara, (3) angket, dan (4) tes. Data dianalisis menggunakan teknik analisis
deskriptif kuantitatif yang digunakan untuk menganalisis data keberhasilan belajar
menulis berita siswa yang dan metode deskriptif kualitatif digunakan untuk menganalisis aktivitas dan responss siswa. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa Penggunaan teknik 3-P berbasis 5W + 1H dapat
meningkatkan kemampuan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Comal. Hal
ini terlihat dari adanya peningkatan hasil belajar siswa.
Kata kunci : pembelajaran,
teknik 3-P berbasis 5W+1H, menulis berita
Selengkapnya unduh file di sini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar